Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur - Unsur Desain Grafis Yang Wajib Di Ketahui.

Unsur - Unsur Desain Grafis Yang Wajib Di Ketahui.-Nah jika kalian ingin tahu tentang Unsur - Unsur Design Grafis maka sebelm itu kalian harus tahu tentan apa itu desai grafis dan arti katanya, jika ingin tahu maka kalian tinggal lihat di artikel saya sebelumnya "pengertian desain grafis dan arti kata" Nah jika kalian sudah membacanya maka sekarang kita akan sama sama belajar tentang Unsur - Unsur desai grafis.
Unsur - Unsur Desain Grafis Yang Wajib Di Ketahui.
maaf tulisan salah

Setiap suatu bidang ilmu pasti memiliki unsur unsur untuk membuat hasilnya semakin maksimal, sama halnya dengan desainer, jika kalian ingin menjadi desainer yang berkualitas maka kalian harus mengetahui tentang unsur unsur dari Desain Grafis dan juga pengertianya. Tapi mentang mentang kalian mengetahui tentang unsur unsur dari desainer maka kalian akan membut semua unsur itu di aduk jadi satu dan di terapkan di semua karya desain kita. Tapi unsur ini di terapkan jika kita akan membuat sebuah karya yang ada sangkut pautnya dengan unsur ini dan menekan salah satu unsur dari pada unsur yang lain, tergantung kebutuhan saja. Nah berikut ini adalah unsur unsur dari desain grafis adalah:

1.Garis (line).
Jika kalian mengetahui tentang apa itu sebenarnya sebuah garis itu? jika kalian tahu tentang garis maka kalian akan tahu bahwa semua gambar di dunia ini di mulai dari garis. Dan yang membedakan adalah setelah bertemunya garis satu dengan garis yang lain. Analoginya gini, jika kalian mau menggambar wajah maka kalian akan buat garis kerangkanya dulukan? Nah jika di simpulkan bahwa garis itu adalah suatu unsur yang tidak bisa di lupakan dalam Desain Grafis.
Pada aslinya garis itu memiliki banyak macam di antaranya:
  • Garis luru. mengandung kesan kaku dan juga formal , seperti garis vertikal berkesan agung/statis, garis horisontal berkesan seimbang..
  • Garis lengkung, garis ini memberi kesan lembut dan luwes.
  • Garis zigzag, garis ini memiliki kesan yang keras dan sekaligus dinamis.
  • Garis tidak beraturan,  kesan yang di timbulkan oleh garis ini adalah fleksibel dan informal.
  • Garis horizontal, melambangkan kesan pasif.
  • Garis vertikal, garis ini mempunyai kesan stabil.
  • Garis diagonal,nah garis ini memiliki aktif dan menarik semua orang.
Nah jika kalian ingin menjadi desainer yang handal maka kalian harus bisa membaut suatu objek dan suatu manipulasi dari garis. Karna menurut saya jika kalian bisa menguwasai garis maka kalian akan menajdi desainer hebat. Jika kalian mendesain sesuatu dengan tampilan garis yang amburadul maka saya jamin desain kalian tidak ada yang menjual dan tidak akan membelu membeli desain kalian.

2.bidang (shape)

Yang disebut shape suatu gambar yang memiliki dimensi tinggi, sepereti halnya kalian membuat shape lingkaran atau pun suatu bidang yang tidak memiliki aturan maka itu di namakan dengan shape/ bidang / geometris, jika di ulas lagi bidang itu memiliki dua bagian:
  • Bidang geometris yang berkesan formal, nah bidang yang seperti ini biasanya berbentuk lingkaran ,kubus dan bidang yang formal. 
  • Bidang non geometris yang berkesan Tidak formal, seperti jika kalain membuat gambar kotak yang di modif menjadi mobil.

3. Tekstur (Texture).
Tekstur sebuah benda pada desain grafis harus di fikir secara matang agar tidak puyeh (mentah), seperti nilai halus dan kasarnya suatu benda dan ini juga di sebut nilai raba, untuk itu kalian harus bisa membuat tekstur benda agar supaya bisa hidup, dengan mengatur kontras dan keseimbangan benda tersebut dan tanpa meningalkan visual yang berkesan dan berkarakter.
Samahalnya kalian memberikan corak pemukaan suatu benda atau lebih simplenya adalah background.
Unsur - Unsur Desain Grafis Yang Wajib Di Ketahui.


4. Ruang (Space).
Ruang adalah jarak antara suatu bentuk dengan bentuk yang lainya. Atau bisa juga diartikan sebagai tempat kosong diantara elemen-elemen visual yang ada dalam desain.Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

5. Ukuran (Size).
Ukuran adalah suatu pengaturan dalam objek, dimana objek yang akan di besarkan ( seperti judul ) yang objek mana yang akan di kecilkan (keterangan). Dan pengaturan ukuran teks itu bertujuan untuk menjadi berguna dan mudah di gunakan, jenis teks itu di bagi menjadi dua Readibilitas (berbicara kemudahan membaca teks) dan Legabilitas (kemudahan mengenali setiap huruf dan kata).
Tapi bukan hanya ukuran teks saja tapi ukuran objek juga di perhitungkan.

6.Warna.

Untuk menjadi desainer yang handal maka kalian harus mengetahui tentang warna, karna Warna menjadi indikator pembeda antara satu objek dengan yang lain. Nah jika kalian bisa mengelolah dan bisa menycampur warna, maka kalian akan bisa menjadi desainer yang handal.

Nah mungkin sekian tentanng Unsur - Unsur Desain Grafis Yang Wajib Di Ketahui. semiga bermanfaat.