Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Font Yang Wajib ANDA Ketahui Di Dunia Desain Grafis

Jenis Jenis Font - Font adalah suatu bentuk visual yang dibuat untuk menjadi kebutuhan dalam komunikasi verbal. yang gunanya untuk menentukan bentuk visual supaya menjadi bahasa  yang komunikatif. Font ini memilik banyak bentuk seperti huruf, angka, simbol, dan karakter lainya.
Font juga di sebut dengan huruf, nah untuk itu kalian harus mengetahui tentang jenis jenis font dan ada apa di font tersebut. Nah di bawah ini wonk media akan memberikan ulasan tentang jenis jenis font.
Jenis Jenis Font
Font Serif

1.Font Serif.
Font Serif adalah font yang sangat gampang untuk membedakan dari font lainya. Karna font serif pasti memiliki ekor atau garis kecil di setiap ujungnya. nah garis kecil ini juga di sebut dengan counterstroke, kegunaan garis kecil ini supaya membantu menuntun mata pembaca melalui suatu garis teks.
Font serif in berasal dari abjad latin dengan inskripsi huruf dan kata yang di ukir di batu pada zaman romawi kuno. (penjelasan dari pastor Edward Catich dalam bukunya The Origin Of The Serif. 19968 ) bahwa ketika garis huruf romawi pertama kali di cat ke batu, pemahat batu menambahkan tanda di ujung stroke dan sudut huruf sehingga menciptakan serif.
Banyak sekali font serif di antaranya: Times New Roman, Garamond, Book Antiqua, Palatino Linotype, Bookman Old Style, Calisto MT, Dutch, Euro Roman, Georgia, Pan Roman, Romantic, Souevenir, dan lain-lain.


Jenis Jenis Font
Sans Serif

2.Font Sans Serif.
Nah pada dasarnya font ini adalah font kebalikanya dari font serif, seperti yang kami jelaskan di atas font serif adalah font yang memiliki garis dan ekor di bagian ujungya, nah jika font sans serif ini font yang pada setiap ujungnya tidak memiliki ekor atau garis garis kecil.
Sans berasal dari bahasa perancis yang artinya tanpa, dan sedangkan serif artinya ekor atau kait di bagian ujungya, dan Font ini memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama.
Dan font Sans serif ini memiliki beberapa Kesan seperti modern, kontemporer dan efisien. Jadi jenis font ini cocok untuk desain yang bertema modern. Dan banyak para desainer menggunakan font ini  dalam karyanya karna font ini mengadopsi kesederhanaan dan juga menciptakan rasa minimalis. Dan font ini lebih banyak penggemarnya dari jenis font lainya.
Banyak sekali jenis jenis dari font sans serif di antaranya yang sudah populer seperti Arial,Futura, Avant Garde, Bitstream Vera Sans, Century Gothic, Helvetica, Verdana, Tahoma, Futura, Franklin Gothic, Gill Sans dan Univers, dan masih banyak lagi

3.Font Script.

Huruf script didasarkan pada variasi strokes atau goresan yang di hasilkan tinta dari tulisan tangan.Dan font jenis ini menyerupai dengan seperti goresan tangan yang menggunakan penakuas dan pensil biasanya font ini agar miring ke kanan.
Font Script ini biasanya digunakan untuk mengenalkan perasaan manusia atau koneksi pada pembaca  dan Jenis huruf script efektif dalam mengenalkan keceriaan atau kecanggihan hasil komputer.
Scripts menguasai dunia desain personal, mulai dari undangan hingga pemberitahuan semuanya hampir menggunakan font ini. Meskipun begitu, penggunaan jenis huruf scripts dalam desain perusahaan harus diminimalkan, karena tidak menampilkan otoritas dan kehandalan (tdak propesional).
Font yang termasuk dalam kategori script antara lain Brush Script, kaufmaan , mistral Comic Sans dan Monotype Corsiva.

4.Font Dekoratif.
Font dekoratif ini memiliki ciri yang mudah untuk dikenali. Setiap jenis huruf memiliki karakterristik indivifu dan pada setiap jenis fontnya memiliki ciri khas.
Penggunaanya dimaksud untuk menekankan konten publikasi, meciptakan sebuah tampilan yang memiliki nilai tambah.
Font ini biasanya digunakan dalam iklan karena sifatnya yang menarik perhatian. dan paling baik digunakan untuk menciptakan atau memperkuat gaya desain dan tema dalam ukuran besar (seperti berita utama). Mereka juga dapat digunakan untuk meniru emosi dan estetika genre tertentu atau kurun waktu tertentu tapi kalian harus baerhati hati dalam menggunakanya karna bisa membuat karya kalian menjadi cemmet (mentah) atau fontnya tidak sesuai dengan objek. yang membaut hancur karya kalian.
Nah mungkin hanya itu saja yang bisa kami jelaskan tentang Jenis Jenis Font Yang Wajib ANDA Ketahui Di Dunia Desain Grafis semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.