Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Lengkap) Pengertian Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual || lebih banyak orang bilang kalau anak desain kunikasi visual itu identik dengan Advertising atau bisa disebut dunia periklanan.

Pengertian Desain Komunikasi Visual


Tapi dunia Desain Komunikasi Visual lingkupnya sangat besar, tapi untuk lebih jelas kita harus jelaskan pengertian Desain Komunikasi Visual, mari kita mulai merincikan dari Kata desain komunikasi visual.

Pengertian Desain Komunikasi Visual


Pengertian Desain Komunikasi Visual

Pengertian Desain Komunikasi Visual

1. Desain

Dalam bahasa Inggris desain diambil dari bahasa Latin (designare) yang artinya merencanakan atau merancang. Jika di jabarkan lagi desain adalah bentuk dari proses perhitungan pertimbangan yang ada di pikiran seorang desainer (orang yang membuat desain) yang di lampiaskan ke dalam wujud gambar, dan jadilah desainer sebagai tukang gambar. Meskipun hanya di lihat tukang gambar saja, tapi desainer harus bisa memikirkan dari segi kegunaan, fungsi, ketetapan dan juga segi keindahan. Dan jadilah karya seni.


Pengertian Desain Komunikasi Visual

2. Komunikasi

Onong Uchjana Effendy
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).

Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.

Raymond Ross
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.

Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.

Sumber : http://rahmah-daniar-n4hy.blogspot.com/2016/02/komunikasi-pengertian-komunikasi-secara_50.html

Jadi bisa kita simpulkan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pesan (ide) dari satu pihak ke pihak lainya. hingga para penerima komunikasi akan memiliki kesamaan terhadap penyampai komunikasi dan mengerti maksud penyampai hingga memperngaruhi prilaku penerima.

banyak sekali yang definisi yang bisa kalian ambil, tapi kami mengambil seperti defini kami di atas. so....

3. Visual

Jika di lihat di kamus besar bahasa indonesia visual adalah dapat dilihat dengan indra penglihat (mata); berdasarkan penglihatan.

Dan jika Memvisualkan menurut KBBI adalah menjadikan suatu konsep dapat dilihat dengan indra penglihatan.

Kesimpulanya.

Jadi Desain Komunikasi Visual adalah Bentuk Kreatif seorang dalam mengembangkan bahasa dan konsep komunikasi dalam tehnik mengelola pesan untuk di sampaikan dari pihak satu ke pihak satu nya. Pesan bisa di sampaikan melalui media yang bertujuan menginformasikan, hingga mempengaruhi perilaku terget audience yang sesuai dengan tujuan yang diwujudkan.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan jika anda memiliki kritik atas tulisan atau masukan bisa di tulis di kolom komentar  di bawah.

See you next time........