Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(Lengkap) Proses Pembuatan Jersey Bola/Gamers Printing

Pasti anda sudah tahu baju sepak bola, atau bisa di sebut jersey, ya biasanya di pakek oleh para pemain timnas itu heheh. Nah di sini kami akan memberikan pengetahuan dan mengintip bagaimana sih proses pembuatan jersey itu.

Proses Pembuatan Jersey Bola/Gamers Printing

Pracetak Jersey

Sebelum memasuki proses cetak sebuah jersey kita harus tahu dulu proses sebelum jersey tersebut. Proses pracetak jersey adalah proses yang di persiapkan sebelum proses cetak dilakukan. Proses pracetak di antaranya adalah :

#1. Menentukan ukuran baju jersey.

Menentukan ukuran baju jersey adalah hal pertama yang harus di lakukan oleh desainer jersey, banyak sekali standar ukuran baju untuk jersey, Dan dalam setiap perusahaan tidaklah sama dalam ukuran baju, tapi kami memberikan ukuran yang umum, di antaranya:

Dibawah adalah standar ukuran jersey untuk dewasa.
  • S = Lebar 48cm, panjang 67cm
  • M = Lebar 51cm, panjang 70cm
  • L = Lebar 52 cm, panjang 72cm
  • XL = Lebar 55 cm, panjang 75cm
Dibawah adalah standar ukuran jersey untuk anak anak
  • S = Lebar 37cm, panjang 50cm
  • M = Lebar 39cm, panjang 52 cm
  • L = Lebar 41cm, panjang 56cm
  • XL = Lebar 43cm, panjang 56 cm
Untuk ukuran lebih besar dari daftar di atas, tambah kurang lebih 2cm setiap naik ukuran, contoh ukuran XXL = + 2cm dari XL, ukuran XXXL = +2cm dari XXL atau = +4cm dari XL

#2. Membuat Desain Baju

Setelah penulis menentukan ukuran baju, maka proses selanjutnya adalah desain gambar baju jersey, untuk itu penulis harus menentukan desain gambar yang bagus dan cocok dengan ukuran baju jersey dan tema dari jersey.

Untuk desain tergantung apa tema dari baju jersey tersebut, seperti jika jersey sepak bola maka desain harus elegan dan bagus, dan jika jersey yang model seperti racing ada motif khusunya jadi untuk desain sangatlah beragam.

Untuk hasil yang bagus harus berawal dari desain yang bagus dulu, jika desain tidaklah bagus atau ukuranya agak tidak sesuai maka tidak akan menghasilkan uang tapi menghabiskan uang saja.

Banyak sekali software yang di gunakan untuk desain gambar jersey, tapi mayoritas para desainer menggunakan software Corel Draw dengan segala kemudahanya. Dan yang terpenting lagi untuk peletakan desain di saat print harus dalam keadaan mirror.

#3. Menyiap kertas sumblime.

Sebelum melakuan proses print, penulis harus menyiapkan media atau kertas untuk print. Nama kertas untuk cetak jersey adalah kertas sublime, kertas ini khusus untuk transfer tinta di dalam kertas ke kaos.

Jadi untuk bedanya dari kertas bisa, jelas beda karna kertas ini khusus untuk transfer dari kertas ke media seperti kaos, dengan memiliki ukuran yang lebar bermeter meter. Dan kertas ini biasanya juga di pekek di bahan keramik seperti di Mug dan di keramki lainya.

#4. Cek mesin print.

Sebelum proses cetak jersey di lakukan, mesin print akan di cek terlebih dahulu, dengan mencetak contoh desain jersey kertas sublime dengan ukuran kecil.

Karna penulis pernah mengalami kesalah print, maksudnya file yang di terima dan di cetak tidaklah sama jadi alhasil penulis mengalami kerugian jadi di sarankan untuk cek print ke dalam kertas sublim yang kecil agar bisa mengetahuinya mana warna yang tidak cocok.

Proses Cetak Jersey.

Setelah penulis membahas proses pracetak jersey, sekarang penulis akan membahas inti dari artikel ini iyalah proses cetak. tapi aslinya jika inti dari proses jersey adalah waktu membuat desain baju, jika tidak sesuai maka gagal ok. Di antara proses cetak jersey sebagian berikut:

#5. Print

Setelah selesai tahap desain jersey, proses selanjutnya mencetak dengan metode full printing dengan mesin print khusus, sehingga desain dan motif jersey akan terlihat jelas. Pada tahapan ini mesin print juga menggunakan jenis tinta khusus jersey, dan dengan menggunakan kertas sublime, Sehingga menghasilkan warna yang cerah dan tentunyaakanmenjadi jersey yang berkualitas. Dan kertas hasil print akan di potong sesuai dengan jenis dan bagianya. 


#6. Press 

Selanjutnya setelah mencetak desain jersey dengan kertas sumblime, maka penulis akan menjelaskan tahapan press.Kain dan kertas akan di masukan bersamaan (dengan posisi kertas ada di atas dan kain di bagian bawah) ke dalam mesin press roll. Suhu yang di butuhkan berkisar 200 derajat celcius sehingga hasil warna jersey akan benar – benar bagus.


Finising.

Setelah menjelaskan proses cetak jersey maka penulisakan menjelaskan proses finising dari cetak jersey. Proses finising jerseymemiliki banyak tahap di antaranya:

#7.Cutting.

Proses cutting adalah proses dimana kain hasil press harus di gunting sesuai dengan masing masing bagian jersey, dengan mengikuti pola gambar yang ada dikain. Untuk tehnik ini tidak harus memiliki keahlian khusus karna semua bisa melakukan cara yang ini, jadi kalian bisa mencobanya sendiri

#8. Jahit

Proses yang terakhir adalah proses menjahit hasil print jersey, yang sesuai denga ukuran masing masing, penulis melihat proses jahit jersey tidak jauh beda dengan menjahit baju yang lain. 

Jual Jersey Murah ?
Buat jersey Bola Kerren?
Terpecaya ?

Langsung hubungi KOKO Konveksi ( buat jersey terpecaya) Info bisa lihat di gambar yak

KUNJUNGI Di : wardanajersey.com