Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

New!! Ukuran Standar Name Tag atau ID Card

Ukuran Standar Name Tag atau ID Card - Salam semuanya, kawan kali ini saya akan membahas tentang dunia seni grafis yang sudah terjadi sehari-hari sekarang saya tidak bercerita tentang teknologi dan dunia robot seperti yang saya bahas sebelumnya. Tentunya semoga bisa kalian ambil manfaatnya untuk kalian perlajari. pembahasan kali ini adalah tentang apa itu id card atau nema tag dan berapa ukuran yang tepat untuk id card itu sendiri. Jika ada yang dari kalian yang belum tahu apakah itu name tag atat ID Card, mari kita ketahui apa itu name tag yang sering dipakai oleh panitia dalam acara pentas seni atau yang semacamnya.

Ukuran Standar Name Tag atau ID Card

Apa itu ID Card ?

Id Card atau kartu tanda pengenal adalah suatu benda yang kita gunakan untuk pengenal diri kita pada orang lain. Id card tidak hanya sebagai kartu identitas karyawan perusahaan saja tapi bisa memberi arti tersendiri untuk mendukung nilai formalitas pada perusahaan. Biasanya Id card terdapat banyak macam dalam dunia kerja, ada yang bisa masuk dalam dompet dan ada yang kita gunakan digantug di leher, dijepit pada saku kemeja.

Peran ID Card dan Jenisnya :

Pada masa sekarang, name tag atau Id card sangat penting untuk mengetahui siapakah yang bekerja atau siapa yang bertugas. Dan dengan adanya di card itu kita sendiri tahu siapa orang itu dan apa jabatannya di perusahaan tersebut. Kalau kita dan semua orang di dunia ini mempunyai di card yang namanya itu ialah KTP atau kartu tanda penduduk. Fungsinya sendiri adalah untuk identitas kita sebagai masyarakan atau penduduk pada negara tersebut dan agar kita tidak dianggap sebagai warga ilegal atau warga tanpa memiliki identitas.

Jenis ID Card yang umum kita jumpai ialah:
  • KTP
  • SIM
  • ATM
  • Tanda Pengenal Karyawan
  • ID Card Organisasi
  • dan masih banyak lagi

Fungsi Id Card:
  1. Menunjukan kesan formal dan rapi saat di kantor
  2. Memberikan kesan positif pada suasana kerja
  3. Mempermudah seseorang untuk mengenal dan meminta bantuan pada orang lain
  4. Memberikan perbedaan antara karyawan dengan non-krayawan untuk menjaga keamana dan hal yang tidak di inginkan
  5. Dapat berfungsi sebagai prefensi
  6. ID Card untuk penerapan access control yaitu, hanya dengan kartu id seorang karyawan dapat masuk ke ruangannya
  7. Sebagai Alat promosi keluar apabila karyawan berkunjung ke perusahaan lain. Karena dengan adanya ID Card ini maka bila ada perusahaan lain akan dengan mudah mengenal perusahaan kita.

Ukuran Standar ID Card : 

Untuk menentukan berapa ukuran untuk membuat id card atau yang semacamnya, maka kita harus mengetahui dulu sebelumnya jenis dari ukuran standar id card yang menjadi standar dan ketetapan secara internasional. Standar ini ditentukan oleh ISO (International Standards Organization). Mereka bahkan tidak sembarangan dalam mengelurakan ketentuan berapa ukuran yang tepat dan benar dalam membuat id card, menentukan jenis kertas agar mudah di print karena ukuran printier sendiri memiliki standar untuk ukuran bidang print out.

Ukuran Standar Name Tag atau ID Card

 Adapun pembagian jenis dan tipe ukuran id card, terbagi menjadi 4 - diantaranya : 

  1. ID-1 dengan ukuran = 85.60mm x 53.98mm. ciri-cirinya memiliki sudut yang bulat. Ukuran yang seperti ini biasanya digunakan untuk kartu-kartu Atm, Debit card, kartu nama, id card panitia dan lain - lain
  2. ID-2 : 105mm x 74mm ( digunakan untuk standar kartu tanda penduduk )
  3. ID-3 : 125mm x 88mm, digunakan untuk kartu pasport dan juga Visa
  4. ID-4 atau ID -000 : 25mm x 15mm, dan digunakan atau fungsikan untuk kartu Surat Izin Mengemudi memiliki ciri khas sudut yang terpotong.

Di atas merupakan contoh ukuran id card dalam milimeter, untuk mengetahui ukuran id card dalam cm / centimeter, maka tinggal di bagi 10. contohnya 85.60mm x 53.98mm - menjadi 8.56cm x 5.398cm.



Berbagai macam jenis dan ukuran id card yang biasa digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia :
  • Ukuran Id Card B1  102 x 65 mm
  • Ukuran Id Card B2 126 x 79 mm
  • Ukuran Id Card B3 126 x 95 mm
  • Ukuran Id Card B4 155 x 106 mm
  • Ukuran Id Card A1 100 x 68 mm (landscape)
  • Ukuran Id Card A2 106 x 82 mm (landscape)

Demikian yang saya sampaikan dari postingan saya tentang Ukuran Standar Name Tag atau ID Card. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam.