Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Dunia - LENGKAP

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sejarah Teknologi Komunikasi dan Informasi : Salam semuanya, kali ini saya akan membagikan artikel yang tentunya bisa bermanfaat untuk kita semua dan tentunya untuk dunia lain. kali ini saya akan mengulas tentan sejarah teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang di dunia. Saat ini dalam dunia yang penuh dengan teknologi ini kita tentu akan banyak menemukan sekali media teknologi, informasi dan juga media komunikasi yang telah beredar di seluruh dunia. Semua itu  adalah perbuatan manusia dan juga dengan kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Kita sekaran dapat merasakan kemudahan dengan adanya teknologi yang berkembang dan juga kita tidak perlu lagi seperti orang dulu yang harus bertukar inforamsi atau mencari informasi dengan harus keluar rumah. Jaman sekarang kita hanya dengan duduk saja kita dapat menjumpai informasi yang ingin kita ketahui.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Dunia


Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi - Pada jama dahulu orang-orang memulai memberikan informasi dengan berupa goresan dan lukisan pada dinding gua dan mereka juga mulai menggunakan tulisan dalam berbagai bentuk untuk saling bertukar informasi. Jaman prasejarah atau jaman pra-aksara, kita seharusnya jangan menyamakan prasejarah dengan kata praakasa pra sejarah itu ialah jaman sebelum ada sejarah, sedangkan jaman pra-aksara ialah jaman dimana manusia belum mengenal tulisan. jaman seperti itu merupakan jaman masa lalu yang dimana manusia jaman itu masih belum mengenal tulisan.

Jaman Batu - jaman ini manusia masih menggunakan batu sebagai alat untuk mencari makan dan berburu. sabagai pertahan hidupnya dari binatang buas dan lainnya. manusia jaman itu berburu dan meramu dan mereka masih berpindah-pindah hidupnya.  
Jaman perunggu - jaman ini adalah jaman dimana manusia mulai menggunakan logam untuk kepentingan hidupnya. Ada dua pengolahan perunggu pada jaman itu yakni :
  • Teknik a cire perdue : teknik ini dilakukan dengan membuat bentuk benda yang dikehendaki dengan lilin, setelah membuat model dari lilin maka ditutup dengan menggunakan tanah, dan dibuat lubang dari atas dan bawah. Setelah itu dibakar, sehingga lilin yang terbungkus dengan tanah akan mencair, dan keluar melalui lubang bagian bawah. Untuk selanjutnya melalui lubang bagian atas dimasukkan cairan perunggu, dan apabila sudah dingin, cetakan tersebut dipecah sehingga keluarlah benda yang dikehendaki.
  • Teknik bivalve : teknik ini menggunakan cetakan yang ditangkupkan dan dapat dibuka, sehingga setelah dingin cetakan tersebut dapat dibuka, maka keluarlah benda yang dikehendaki. Cetakan tersebut terbuat dari batu ataupun kayu
Jaman besi - Jaman dimana manusia menggunakan logam dan teknik pengolahan pada jaman besi dan jama perunggu hampi serupa dan hanya saja alat yang digunakan lebih kuat karena menggunakan besi.

Sejarah Teknologi Komunikasi dan Informasi  jaman sebelum Dan setelah masehi:

  • 3000 SM
Pertama kali bangsa di sumeria menggunakan simbol untuk berkomunikasi dan dari susunan itu maka akan terbentuk sehingga menjadi kata kalimat dan tulisan yang bisa dibaca.
  • 2900 SM
Jaman ini bangsa Mesir kuna mulai menggunakan huruf hieroglif yang merupakan bahasa berupa simbol yang dapat juga dibaca oleh mereka dan ini lebih maju daripada bangsa Sumeria.
  • 500 SM
Pada masa ini manusia mulai menggunakan daun pohon papyrus sebagai media tulisan dan sebagai kertas pada jaman itu dan lebih tahan lama daripada menggunakan media tanah liat pada masa itu.
  • 105 M
Jaman ini bangsa China mulai menemukan kertas untuk madia komunikasi dan kertas pada masa itulah yang sekaran kita gunakan ini. Kertas ini sendiri dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, yang kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga yang memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh & dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.

Sejarah Teknologi Komunikasi dan Informasi 1400 M sampai sekarang : 


  • 1455 M
Tahun ini untuk pertama kalinya Johan Gutenberg berhasi mengembangak mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan bisa diganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

  • 1830
Augusta Lady Byron berhasi menemuakan program komputer pertama di dunia dan ia bekerja sama dengan Charles Bebbage dengan menggunakan mesia alytical sehingga mampu memasukan data mengolah serta dapat menghasilkan data dalam bentuk kartu.

  • 1837
Samuel Morse berhasil mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook & Sir Charles Wheatstone.

  • 1877
Pada tahun 1877, Alexander Graham Bell berhasil menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan untuk pertama kali secara umum. Pada tahun 1879, sistem pemanggilan telepon ini mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama.

  • Tahun 1889
Pada tahun 1889, Herman Hollerith telah menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya ialah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada tahun 1880 membutuhkan waktu 7 (tujuh) tahun untuk bisa menyelesaikan perhitungan.

  • Tahun 1931
Pada tahun 1931, Vannevar Bush berhasil membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial.

  • Tahun 1939
Pada tahun 1939, Dr. John V. Atanasoff dengan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Dan sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih.

  • Tahun 1973 – 1990
Pada masa ini, istilah dari internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet ini diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET yang di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa pusat (decentralised network), teori queueing, serta kaedah pertukaran paket (packet switching).

  • Tahun 1991 – Sekarang
Sistem bisnis di bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet & diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Sekarang perkembangan teknologi sudah sangat pesat dengan adanya alat canggih yang semakin hari semakin banyak dan tentunya lebih canggih lagi untuk kedepannya. Internet sudah menjadi media untuk mengirimkan dan menerima informasi dari seluruh dunia dan untuk seluruh dunia.
sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di indonesia tentunya tidak terlepas dari adanya penjajahan yang dilalukan oleh bangsa barat seperti bangsa Portugis, Inggris, Amerika, Belanda, Jepang. Kita tentunya harus bersyukur juga dengan adanya penjajahan pada Indonesia pada jaman dahulu itu kawan. Karena dengan itulah kita bisa merasakan teknologi yang bisa kita kembangkan sendiri untuk memajukan Indonesia. 

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Yang ada di dunia itu : 

  • Sejarah Teknologi luar angkasa : Sejarah teknologi luar angkasa ini sudah banyak ditemukan pada saat amerika dan rusia ingin melakukan penjelajaha ke luar angkasa dan mereka ingin menjejakkan kaki di bulan. Sekarang banyak sekali teknologi luar angkasa itu seperti contohnya itu ialah satelit buatan manusia dan juga pesawat luar angkas dan sebagainya. Kalau untuk dimasa depan nantinya manusia bisa saja manapakan kaki mereka di planet lainnya dan dapat juga berinteraksi dengan yang namanya Alien.  
  • Sejarah Teknologi komputer : ini dari dulu sampai sekarang menglami perkembangan yang cukup pesat dari jaman komputer yang masih besarnya seperti lapangan sepakbola dan sampai sekarang yang bisa kita jinjing yakni laptop.
  • Sejarah Teknologi pertanian : Teknologi yang dulu dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan sawah seperti membajak sawah yang dulunya dengan sapi tapi sekarang menggunakan trakror.
  • Sejarah Teknologi tranportasi : perkembangan teknologi tranportasi dari dulu sampai sekaang yang secara perlahan lahan dan akan kedepannya semakian lebih canggih lagi
  • Sejarah Teknologi pendidikan : Di pendidikan yang dulunya hanya dengan menggunakan buku sekarang belajar kita bisa dengan menggunakan komputer dan bisa saja dengan yang namanya e-learning. 

Ok! itu saja yang bisa saya sampaikan tentang Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi dan tunggu artikel dari saya selanjutnya dan juga semoga bermanfaat untuk kalian kedepannya. Salam Terima Kasih semuanya.