Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi “Kesalahan Jaringan yang tidak diketahui” di IG dan Ketahui Penyebabnya.

Instagram terjadi kesalahan jaringan | Menjadi kegiatan sehari hari untuk melihat postingan yang menarik di instagram. Tapi ketika kita asyik melihat kesana kemari postingan orang orang di Instagram, lalu muncul notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui”.
Pasti kita bingung dan dan keluar dari instagram, lalu masuk kembali ternyata tidak bisa.

kenapa di instagram terjadi kesalahan jaringan yang tidak diketahui?

Instagram terjadi kesalahan jaringan

Cara mengatasi “Kesalahan Jaringan yang tidak diketahui” di Instagram

Instagram adalah media sosial yang membagikan foto dan video. Untuk dapat membuka foto dan video anda harus selalu terkoneksi dengan internet. 

Ketika asyik jalan jalan di Instagram, tiba tiba keluar notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui”, alhasil kenikmatan jalan jalan santai di instagram terhenti.

Ternyata notifikasi tersebut memiliki sebab yang harus ketahui, sehingga anda dapat menanggulanginya dengan cepat dan tepat.

Instagram memberikan notifikasi tersebut bukan tanpa sebab. Berikut sebab sebab tentang notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui” diantaranya:
  • Server Instagram down.
  • Koneksi internet tidak stabil.
  • Pemerintah membatasi.
  • Crash/error pada aplikasi.

Keempat sebab tersebut memiliki penanganan yang berbeda, akan tetapi untuk pertolongan pertama anda harus mencoba melakukan ini:

  • Menutup aplikasi : Pada dasarnya cara ini bukan hanya untuk intagram, melainkan dapat diterapkan pada aplikasi lainya. Dengan menutup aplikasi dan matikan lalu hidupkan kembali data. Terakhir tinggal buka aplikasi instagram kembali.
  • Muat ulang :Ponsel juga memiliki titik over penggunaan, membuat ponsel menjadi lemot dan menggu jaringan hinga muncul notifikasi seperti itu. Silahkan muat ulang ponsel anda lalu coba membua instagram.

Jika pertolongan pertama diatas tidak membuahkan hasil, mari kita lanjut ke cara yang lainya.

Penyebab instagram  “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui” dan Cara Mengatasinya.
Seperti penulis sebutkan diatas, ada 4 penyebab munculnya notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui”  mari kita bahas dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Server Down.

Pengguna instagram terlalu banyak, masalah server down tidak bisa terhindari. Dilihat pada awal tahun para raksasa sosial media ( FB, WhatsApp, Instagram dll) mengalami server down, alhasil sebagain pengguna tidak dapat mengakses aplikasi.

Ciri-ciri server aplikasi down biasanya tidak bisa membuka aplikasi tersebut, tapi untuk membuka aplkasi lainya lancar.

Anda dapat juga mengechek server dengan bantuan tool online.  Ada banyak situs untuk chek server, seperti: https://isitdownorjust.me, https://www.isitdownrightnow.com , https://downdetector.co.uk dan masih banyak lagi.

Sekarang penulis akan mencoba menggunakan tool yang disediakan https://isitdownorjust.me untuk chek server instagram.
  • Buka situs https://isitdownorjust.me dengan browser
  • Scroll kebawah dan tulis www.instagram.com lalau klik tombol check it.
    Instagram terjadi kesalahan jaringan
    Check It
  • tunggu
  • Jika muncul notifikasi “Instagram.com seems to be working” maka server instagram tidak lagi down.
    Instagram terjadi kesalahan jaringan

Minta bantuan orang lain.

Silahkan buka IG dengan ponsel lain, jika tetap muncul notifikasi tersebut, jadi benar server IG lagi down. Namun ketika dibuka ponsel lain lancar jaya, maka ada masalah di ponsel anda. Kemungkinan tersebut soal jaringan, silahakan cek kuota atau cek jaringan anda.

Solusi dari masalah ini tidak terlalu banyak, Cuma satu MENUNGGU.

Menunggu server di perbaiki, yang pastinya tidak akan lama, karna instagram adalah salah satu media sosial terbesar didunia.

Koneksi internet tidak stabil

Instagram salah satu media sosial yang membutuhkan koneksi internet yang stabil. Layaknya game online yang koneksi internetnya harus stabil. Dan konsumsi instagarm terhadap kuota cukup tinggi atau bisa dibilang boros kuota, untuk mengatasi boros kota gara gara instagram bisa cek di cara menghemmat kuota instagram. Kembali ke pembahasan Untuk persoalan koneksi silahkan mencoba cara dibawah ini:
  • Hidup matikan data: coba tutup aplikasi instagram, matikan data lalu hidupkan kembali. Silahkan buka aplikasi instagram. Tidak jauh beda dengan pertolongan pertama.
  • Mode pesawat: Tutup aplikasi instagram, hidupkan mode pesawat tunggu sebentar lalu matikan kembali, lalu coba buka aplikasi instagramnya lagi.
  • Muat ulang: silahkan muat ulang ponsel anda.
  • Cek Koneksi internet: tidak semua provider yang menyediakan koneksi stabil, atau memang di daerah anda tinggali memang sangat sulit sinyal. Untuk cek stabilnya internet silahkan dengan tool online seperti : https://fast.com/id/, https://ipsaya.com/speedtest.php, https://www.speedtest.net/ dan yang lainya. Bisa dilihat berapa kecepatan download dan kecepatan upload jaringan anda.
Instagram terjadi kesalahan jaringan

Jika memang koneksi internet anda tidak setabil, silahkan coba untuk membuka instagram menggunakan WIFI, jika anda tidak memiliki wifi silahkan gunakan wifi tetangga anda. Atau dengan mengganti provider internat anda.

Pemerintah membatasi.

Jika anda mengingat pada kejadian pemilu, pemerintah membatasi semua akses media sosial seluruh indonesia untuk menekan beredar berita hoaks. Alhasil semua orang tidak bisa mengakses media sosial salah satunya instagram. 

Kejadian ini mungkin akan dilakukan kembali oleh pemerintah jika ada keadaan darurat.

Solusinya sangatlah mudah, logikanya kita tidak bisa mengkases media sosial atau instagram di indonesia, jadi kita harus mengakses instagram diluar negri. Dengan mengganti IP (identitas perangkat) kita di luar negri. 

Silahkan coba membuka instagram dengan menggunakan VPN. Untuk keamanan, menurut penulis cukup aman, akan tetapi jika vpn untuk membuka aplikasi dompet digital atau mobile banking, alangka baiknya jangan. Jika Cuma untuk membuka instagram aman. Aplikasi VPN sangat banyak di playstore, jika memiliki dana silahkan coba VPN yang premium.

Crash/error pada aplikasi.

Kita setiap hari tidak luput untuk membuka instagram, semakin sering di pakai yang lebih parah kita tidak pernah memperbarui aplikasi tersebut kemungkinan error akan tinggi. Dan berakibat ke jaringan.
Solusi untuk masalah ini cukup gampang, silahkan uninstal(copot pemasangan) aplikasi instagram, lalu download kembali versi terbaru, dan downloadnya harus diplaystore, agar tidak ada virus yang ikut.

Kesimpulan penulis.

Yang paling umum untuk masalah notifikasi “Terjadi Kesalahan Jaringan yang Tidak Diketahui” adalah soal profider atau koneksi internet. Maka pilihlah profider yang terbaik. Mungkin hanya ini saja yang bisa kami sampaikan dan terimakasih.