Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Kiwi Bukan Cuma Untuk Kesehatan, Tetapi Juga Sebagai Kecantikan

Manfaat Buah Kiwi - Kiwi atau Gosberi China adalah nama yang diberikan kepada buah beri yang bisa dimakan dari beberapa jenis tanaman kayu merambat dalam genus "Actinidia". Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Tiongkok. Kelompok kultivar Buah kiwi yang paling umum.berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam panjangnya.

Khasiat Buah Kiwi - Buah kiwi umumnya tersedia dalam warna hijau dan kuning keemasan. Banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, tetapi orang jarang mengetahuinya. Bahkan, kiwi bukan pilihan kebanyakan orang di Indonesia. Banyak alasan yang memicu orang untuk tak mengonsumsi kiwi secara rutin, termasuk faktor harga. Namun, Anda bisa membelinya dalam jumlah kecil yang bahkan dipak dalam sterofom.

Buah kiwi ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah Sawo yakni berwarna cokelat, daging buahnya berwarna hijau terang dan bisa langsung dimakan. Buah ini bisa dijadikan campuran salad buah, es krim atau sebagai hiasan kue. Yang beredar di pasaran terdapat dua jenis buah Kiwi yakni Kiwi hijau dan juga Kiwi kuning keemasan.

Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi

7 Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Menurunkan tekanan darah dan resiko penyakit

Kandungan dalam kiwi dapat menurunkan tekanan darah. Ini artinya, kiwi dapat membantu mencegah terkena risiko penyakit yang muncul akibat tekanan darah tinggi, seperti serangan jantung dan stroke. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah penyakit yang disebabkan kerusakan DNA, seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Meredakan asma

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma. Penelitian menunjukkan, terdapat perbaikan kondisi paru-paru pada orang-orang yang mengonsumsi buah secara teratur, termasuk di antaranya adalah buah kiwi. Mengonsumsi buah kiwi segar diyakini bisa mengurangi bengek dan sesak nafas pada penderita asma.

3. Membantu menurunkan berat badan

Sebagian besar buah, termasuk kiwi, punya kandungan serat yang tinggi. Serat inilah yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. 
Kandungan kalori serta indeks glikemiknya juga terbilang rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah cocok dikonsumsi saat diet karena punya manfaat mempercepat proses pembakaran lemak.

4. Membantu tidur nyenyak

Buah kiwi rasanya lezat dan segar. Kiwi kerap dijadikan sebagai topping makanan, salad buah, hingga jus. Kulit buah kiwi berwarna kecoklatan menyerupai sawo. Sedangkan dagingnya berwarna hijau segar. Menurut riset dari Taipei Medical University, berbagai studi telah mengungkapkan bahwa kiwi memiliki banyak kandungan baik seperti antioksidan dan serotonin yang berguna untuk orang yang sulit tidur. Katanya, mengkonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat memulihkan insomnia dan membantu kamu tidur dengan cepat! Try it and see.

Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh
Jus Buah Kiwi


5. Membantu melawan penyakit jantung

Makan dua hingga tiga buah kiwi sehari telah terbukti mengurangi potensi pembekuan darah hingga 18 persen dan mengurangi trigliserida hingga 15 persen. Banyak orang menggunakan aspirin untuk mengurangi pembekuan darah, tetapi ini menyebabkan banyak efek samping termasuk peradangan dan pendarahan usus. Manfaat buah kiwi sebagai anti-pembekuan yang sama tanpa efek samping, hanya manfaat kesehatan tambahan.

6. Untuk mempercantik kulit

Buah kiwi dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kecantikan kulit. Manfaat ini tidak perlu diragukan lagi, karena sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan buah kiwi sebagai bahan utamanya.
Senyawa antioksidan dalam vitamin C dan E dalam buah kiwi terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Buah kiwi dapat mencerahkan, melembapkan, dan mengencangkan kulit supaya terlihan awet muda.

7. Bermanfaat bagi wanita hamil

Buah Kiwi kaya dengan asam folat yang baik untuk ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada otak atau saraf tulang belakang. Buah Kiwi juga dapat membantu mengatasi kekurangan zat besi pada wanita yang bisa berdampak pada terganggunya produktivitas, perkembangan dan fungsi kognitif, resiko kehamilan dan sistem kekebalan tubuh.

Di balik manfaat dan juga khasiat dari buah kiwi, buah ini juga dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Reaksi alergi yang muncul berupa bibir bengkak, gatal-gatal pada kulit dan tenggorokan, mual, serta muntah. Disarankan untuk mewaspadai gejala alergi saat memberikan kiwi pada anak-anak untuk pertama kali.