Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rambusa, Buah Hutan Yang Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Rambusa - Rambusa merupakan sejenis tananam liar yang banyak tumbuh dan merambat diantara semak belukar. Buah yang memiliki daun seperti rumbut dan memilik buah yang  berwarna kuning dan buah yang berbentuk kecil-kecil. Bahkan tidak jarang seesorang tidak mengatahui terdapat buah yang bernama rambusa karena bentuknya yang agak aneh dan juga buahnya yang kecil.

Khasiat Buah Rambusa - Tanaman itu sangat mudah dijumpai di daerah pedesaan. Buahnya berupa bulat­bulat kecil berwarna kuning terang (ketika sudah matang) yang dibungkus dengan selaput seperti bulu atau jaring­jaring. Buah rambusa memiliki rasa asam dan manis yang begitu menyegarkan, selain enak untuk dikonsumsi buah ini bisa memiliki kandungan gizi yang melimpah hingga sangat bermanfaat untuk kesehatan badan.

Buah rambusa yang dapat dikonsumsi yaitu yang matang, ditunjukan dengan buahnya berwarna kuning. Jangan pernah mengkonsumsi buah ini saat masih mentah karena mengandung racun. Buah rambusa mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk untuk kesehatan, antara lain kalsium, vitamin C, flavonoid, potassium, zat besi, fitronutrien, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa khasiat buah rambusa untuk kesehatan.

Manfaat Buah Rambusa

Manfaat Buah Rambusa Bisa Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

1. Mengobati Sariawan

Penyebab utama munculnya sariawan adalah kekurangan vitamin C. Vitamin C yang terdapat dalam buah rambusa selain bermanfaat untuk mencegah efek radikal bebas, juga sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya sariawan serta gangguan mulut lainnya.

2. Mengatasi Sakit Ginjal

Penyakit pada ginjal bukanlah peyakit yang main-main. Gagal ginjal dapat menyebabkan penderitanya harus di angkat ginjal tersebut. Padahal fungsi ginjal pada tubuh sangatlah penting terutama untuk menjaga dari racun karena ginjal berfungsi sebagai tekanan darah.

3. Mencegah Penyakit Anemia

Zat besi berguna untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah, sehingga dapat mencegah anemia dan mengatasi penyakit anemia. Selain itu kandungan fitronutrient di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah sehingga tetap stabil.

4. Menguatkan gigi serta menyehatkan gusi

Vitamin C dan kalsium merupakan dua hal penting bagi gigi serta gusi. Dua gizi tersebut ada dalam buah rambusa. Khasiat rambusa untuk gigi yaitu membantu menguatkannya, sedangkan untuk gusi yaitu mencegah berbagai macam infeksi mulut yang bisa menempel pada gusi.

Manfaat Buah Rambusa
Perbedaan Rambusa Matang dan Tidak

5. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat akan menjaga tubuh dari berbagai serangan virus dan bakteri sehingga tubuh tidak akan mudah sakit. Vitamin C dan flavonoid yang terdapat dalam buah rambusa bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegahnya dari berbagai macam alergi

6. Mengandung antioksidan

Manfaat antioksidan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan antioksidan ini akan membantu untuk melawan dari radikal bebas yang meneyrang tubuh. Sehingga selain dengan antioksidan dapat memperoleh kecantikan. Dengan antioksidan pun dapat membantu menjadi lebih sehat.

7. Mengurangi Rasa Stress

Selain mengatasi penyakit, buah rambusa juga mampu mengurangi rasa stres. Kandungan senyawa yang terkandung dalam buah ini mampu meningkatkan hormon rasa senang. Selain itu juga dapat menstabilkan syaraf-syaraf pusat, sehingga tubuh dan otak menjadi lebih tenang dan rileks.

Begitu banyak sekali manfaat dan juga khasiat dari buah yang satu ini, seperti halnya pepatah megatakan, jangan melihat sesuatu hanya dari covernya saja. Karena dibalik penampilan yang kelihatannya buruk dari luar akan tetapi memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh kita semua.