Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alpukat Miki, $$ Primadona Alpukat Daratan Rendah

roqibus.com | alpukat miki adalah salah satu jenis buah alpukat yang memiliki banyak sekali keunggulan dari pada buah alpukat yang lainya.

alpukat miki
alpukat miki

Pada artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang alpukat aligator yang memiliki daging yang sangat tebal karna ukuran dari buah ini jumbo.

Untuk alpukat miki ini memiliki ukuran biasa, seperti alpukat mentega tapi cenderung lebih kecil sedikit. 

Jika anda tertarik mari kita kenali lebih dalam tentang buah alpukat miki ini.

Kenal Lebih Dekat Dengan Alpukat Miki.

Perlu diketahui bahwa alpukat adalah salah satu buah yang memiliki banyak sekali mafaat untuk manusia, mulai dapat menyebuhkan beberapa penyakit keras sampai soal kecantikan.

Alpukat ini merupakan unggulan dalam jenis alpukat di dataran rendah yang dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB dengan penilitian Dr.Sobir dan kawan kawan.

Untuk para petani buah mungkin menanam alpukat ini sangatlah bagus, karna buah alpukat ini cepat berbuah. Pohon alpukat miki umur 2-3 tahun sudah menghasilkan buah, karna pada umumnya buah alpukat akan berbuah pada usia 5 tahunan.

Dengan buah yang berwarna kuning tebal dengan rasa manis tanpa rasa getir, membuat banyak orang yang suka dengan alpukat ini. Ukuran dari alpukat miki ini rata-rata mencapai berat 400-600 Gram/buah.

Untuk lebih mengenal buah miki, penulis akan memberikan beberapa keunggulan dari buah miki yang jarang orang mengetahuinya, diantarnaya:

alpukat miki memiliki rasa yang manis

Rasa Manis legit.

Tidak jauh beda dengan warna daging dari buah alpukat mentega, yang berwarna kuning seperti mentega. Tapi alpukat Miki memiliki rasa manis, legit dan tidak getir.

Daging buah alpukat miki memiliki tekstur pulen, lembut, creamy namun tidak berair. jadi banyak sekali para menikmat buah untuk mencarinya.

Dengan ukuran bobot cukup besar, rata-rata 400-600, dengan bobot sebesar itu alpukat miki memiliki daging yang cukup tebal dengan kulit yang mudah di kelupa.

alpukat miki
daun pohon alpukat miki bagus

Tidak disuaki ulat.

Banyak dari petani yang takut menanam salah satu pohon terkena hama ulat. terutama pohon alpukat, tapi untuk pohon alpukat miki itu semua tidak perlu dikhawatirkan. Pohon alpukat miki mengandung Enzim protease.

Apa itu enzim protease? Apa sih fungsinya?

Pohon menjadi tempat berkembang biak ulat. pada awalnya ulat datang satu, dan berkembang biak pada daun pohon alpukat.

Dalam proses pertumbuhan dan perkembang biakan makhluk terutama pada hewan, meraka memerlukan Enzim protease yang berfungsi untuk memecah protein menjadi molekul-molekul yang terkecil. jika tidak memiliki enzim protease maka proses pemecahan protein tidak terjadi otomatis perkembang biakan akan gagal.

alpukat miki
produktif

Tingakt Produktif tinggi, Berbuah beberapa kali pertahunya.

Pada umumnya pohon alpukat berbuah ketika berumur 5 tahun. Tapi pohon alpukat miki bisa berbuah ketika usia 2-3 tahun. pada usia 3 tahun pohon alpukat miki memiliki tinggi sekitar 2.5 dan mampu berbuah sekitar 15 Kg didataran rendah dengan ketinggihan sekita 20 MDPL (meter diatas permukaan laut).

Lain cerita jika berada dataran tinggi sekitar 600-800 MDPL maka pohon cepat berbuah, pada usia 2 -2,5 tahun.

dengan tingkat produktifitas yang tinggi alpukat miki cukup digemari. Umur 3 tahun alpukat dapat menghasilkan buah 5-10 KG perpohon dengan tanpa perawatan yang baik sama sekali dan mencapai 15-20 Kg perpohon dengan perawatan baik dan tepat.

Semakin tua pohon alpukat miki maka semakin tinggi tingkat produktifitasnya. dilansir kampungquran.id Menurut pengakuan dari Pak elvin salah salahsatu petani buah alpukat miki asal jawa barat, pada usia pohon alpukat miki 6 tahun rata- rata mampu berbuah sebanyak 100 Kg bahkan bisa lebih.

Cocok di tanam didataran tinggi maupun rendah.

Pohon alpukat miki termasuk dalam golongan pohon yang tidak rewel, bisa berbuah pada dataran rendah dan dataran tinggi hingga 1400 mdpl. Namun akan lebih optimal tumbuh dan berbuah pada ketinggian 500mdpl-900mdpl.

Hebatnya lagi Pohon alpukat miki dapat berbuah pada dataran rendah pada ketingginan 20 mdpl tanpa perlakuakn khusus. tapi posisi ketinggian mempengaruhi buah nantinya.

mungkin hanya ini yang bisa penulis sampaikan pada mengenal alpukat miki lebih dekat, semoga bermanfaat dan terimakasih