Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apel Manalagi, Primadona Apel malang, yuk kenal lebih jauh

Apel manalagi || Apel sendiri bukan berasal dari indonesia, buah apel berasal dari bagian timur eropa. Diindonesia mulai dibudidayakan sejak tahun 1934 dan berkembang pesat pada tahun 1960. Tanaman ini dapat tumbuh baik pada dataran tinggi 700-1.200 mdpl.

apel manalagi
Pohon apel manalagi berbuah

Di Indonesia sendiri salah satu tempat yang cocok untuk budidaya ini adalah malang. salah satunya kota batu dan Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Jawa timur, kota ini terkanal akan apelnya yang begitu manis-manis.

di Malang terdapat 3 Varietas buah apel yang berkembang:
  1. Apel manalagi (Malus sylvestris Mill) 
  2. Apel rome beauty
  3. Apel anna.


Ketiga apel ini memiliki ciri khas tersendiri, tapi diantara ketiganya ada apel manalagi (Malus sylvestris Mill) yang menjadi primadona, entah itu warga setempat maupun para pecinta kuliner yang mengorbankan sedikit uangnya untuk bisa memakan buah ini. karna rasa dari buah ini sangat nikmat dan khas.

apel manalagi
Seorang bapak bapak membawa apel manalagi

Apel Manalagi, Primadona Apel malang, yuk kenal lebih jauh

Apel manalagi (Malus sylvestris Mill) adalah salah satu oleh oleh khas malang yang wajib untuk dibeli jika pergi ke malang. Bukan hanya soal rasa melainkan apel juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk tubuh manusia. 

BACA : Kandungan Gizi Apel dan Sejuta Manfaat Didalamnya, OMG

MUlai dari Menurunkan kolesterol, Menurunkan  tekanan darah dan banyak lainya manfaat dari buah apel manalagi ini.

Apel manalagi memiliki ukuran yang lebih kecil dari kedua saudaranya (apel rome beauty dan apel anna). Dengan diameter berkisar 5-7 CM. Bentuk dari Apel manalagi bulat simetri, dengan lengkukan dangkal pada pucuk buah, kulit yang tebal dan agak kasar.  Berat dari buah Apel ini sekitar 75-100 gram/buah. 

Buah ini cukup prospek untuk di budidayakan agar menghasilkan pundi pundi uang. Pada setiap pohon apel manalagi setiap tahunya berbuah berkisar 7,5 kg.

Kulit dari buah apel manalagi yang hijau kekuning-kuningan memang tebal dan sedikit kasar, tapi dibalik tersebut kulit apel manalagi mengandung flavanoid biasanya disebut Quercitin. Quercitin ini sendiri mempunyai antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah serangan radikal bebas dan dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit terutama kanker.


Tekstur dari buah apel manalagi sangat renyah dari pada kedua saudaranya (apel rome beauty dan apel anna) dan juga lebih manis dari keduanya. walaupun buah apel manalagi tidak cukup matang. karna itulah buah apel ini memiliki harga pasar yang tinggi, cocok sekali untuk dibudidayakan.

Karna rasa yang lebih manis dari buah apel lainya. Banyak olahan makanan yang berasal dari buah apel ini, seperti selai, keripik, jus dan cuka apel. sayangnya buah apel manalagi lebih cepat busuk jika kulitnya tergores.

Perawatan Tanaman

perawatan dari buah apel manalagi tidaklah terlalu repot silahkan tanan bibit apel di tanah yang subur. Bisa lakukan pencampuran pupuk kandang, bila pH tanah terlalu asam atau kurang dari 6 sebaiknya lakukanya pengapuran.

pada umumnya jarak antara bibit antara 2-3 meter agar tidak terlalu berdempetan. Jika tertanam dilahan maka selanjutnya kalian harus merawat tanaman pohon apel. Dengan melakukan pemupukan dan penyiraman yang teratur. Jika dilihat banyak ranting yang produktif maka silahkan anda potong. Untuk melindungi dari serangan hama dan penyakit alangka baiknya jika anda melakukan penyemprotan pestisida. 

BACA: Cara Membuat Racun Rumput (Hemat, Langsung mati)

Mungkin hanya ini saja yang bisa kami sampaikan tentang apel manalagi, silahakn share dan terimakasih