Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Khasiat Kulit Manggis (Obat segala penyakit)

roqibus.com | Buah khas indonesia ini cukup gampang dijumpai, dan banyak orang yang percaya bahwa buah ini memiliki manfaat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. 

KUlit dari buah manggis ini mengandung xanthone. Xanthone sendiri merupakan bahan aktif yang memiliki sifat antioksida sangat tinggi, pastinya sangat bagus untuk kesehatan.

dan banyak sekali produk obat, jamu, sampai kosmetik yang mendangung ekstrak dari kulit manggis.

So. apa sih manfaat dari kulit manggis bagi tubuh?

14 Khasiat Kulit Manggis (obat segala penyakit)

khasiat kulit manggis

1. Mencegah Penyakit Jatung

Kulit manggis mengandung mineral seperti mineral, seperti mangan, tembaga, kalium, dan magnesium. Asal kalian tahu bahwa kalium sendiri komponen pentin gdari sel dan cairan yang sangat berperan untuk mengontorl tekanan darah dan detak jantung. Hal ini yang membuat si kulit manggis ini bermanfaat untuk perlindungan tubuh dari stroke dan penyakit jantung koroner.

2. Bersifat Antialergi dan Antiinflamasi.

Kulit manggis diduga dapat memperbanyak zat prostaglandin, yang memiliki khasiat dapat menghambat kadar histamin dalam tubuh. Prostagin ini sendiri berperan dalam meredakan peradangan yang berkaitan dengan orang alergi. jadi beberapa penelitian jika kulit manggis mengandung Antialergi dan Antiinflamasi.

3. Mengatasi Jerawat.

Banyak yang bilang bahwa kulit manggis dapat mengatasi masalah masalah pada kulit wajah, ini salah satu alasan bahwa banyak kosmetik yang mengandung ekstrak dari kulit manggis ini. zat antioksidanya dapat melenyapkan  produksi relatif oksigen yang mengandung zat yang berbahaya. Kulit manggis juga mampu menekan radikal bebas yang salah satu kontibutor pembentukan jerawat.

4. Menurunkan Gula Darah

Kandungan kulit manggis mampu menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. kandungan tersebut memiliki nama alpha-amylase, yang di sebut sama dengan zat pada resep obat diabetes tipe 2. Kulit manggis sekarang sudah di ekstrak dan diolah menjadi pil hingga losion. 

Selain yang di atas, Ekstrak dari Kulit manggis itu sendiri juga dapat mengatasi beberapa kondisi seperti : 
  1. Eksim
  2. Tuberkulosis Disentri
  3. Diare
  4. Gangguan menstruasi
  5. Infeksi saluran kemih
  6. Gonore
  7. Osteoarthritis
  8. Kesehatan menta
  9. Seriawan.
  10. TBC.


Manfaat dari kulit manggis itu sendiri sangatlah banyak sekali. Beberapa pendapat klinis jika ekstrak dari kulit manggis dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. dan beberapa yang sudah kami sebutkan di atas. 

Meskipun begitu tapi manfaat dari kulit manggis tersendiri belum diketahui secara pasti cara kerja dan khasiatnya. Jadi manfaat kulit manggis masih perlu diteliti lebih lanjut pada manusia.

Perlu anda tahu bahwa manggis adalah salah satu buah asli indonesia yang sudah mendunia loh, selengkapnya baca diartikel ini: 8 Buah Asli Indonesia Yang Mendunia, Jangan Kaget

khasiat kulit manggis

Pandungan jika ingin mencoba kulit manggis.

Untuk yang tertarik membeli produk yang mengandung ekstrak dari buah manggis ini maka kami mempunyai tips di ataranya:
  • Pastikan produk ekstrak kulit manggis (berbentuk apa saja)telah terdaftar di BPOM RI.
  • Cek tanggal kedaluarsa.
  • Meski terbuat dari bahan alami, obat herbal yang mengandung ekstrak kulit manggis tidak selalu aman dikonsumsi.karna hingga saat ini belum diketahui dengan jelas informasi keamanannya jika dikonsumsi sebagai obat-obatan.
  • Untuk berjaga-jaga, lebih baik untuk ibu hamil dan menyusui menghindari produk herba yang mengandung ekstrak kulit manggis.
  • Berjaga-jaga Jika Anda ingin melakukan operasi, sebaiknya tidak mengonsumsi ekstrak kulit manggis, setidaknya 14 hari sebelum operasi dilakukan. Sebab terdapat kemungkinan bahwa buah ini bisa memperlambat proses pembekuan darah.
  • Tapi itu semua untuk berjaga jaga, kemungkinan jeleknya masih belum ada penelitian yang menyebutkan. 

Memang dalam masyarakat sudah terkenal tentang manfaat ekstrak dari kulit buah manggis ini, tapi dalam segi medis masih butuh penelitian lebih lanjut lagi tentang manfaatnya. Jika lebih lengkap bisa konsultasi ke dokter langganan kalian atau rumah sakit terdekat.

Sumber : alodokter.com, halodoc.com