Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Daun Tin untuk Kesehatan, Menyembuhkan Penyakit Langka

roqibus.com || buah tin adalah buah yang sangat terkenal bagi umat islam, karna Al Qura' (kitab suci umat islam) memberi julukan buah surga pada buah ini, bukan hanya Alquran tapi Injil, Taurat dan Ayurbeda (kitab pengobatan umat Hindu) juga menegaskan bahwa buah ini memiliki keajaiban. 

Jika dilihat dari ilmiah buah tin ini memiliki manfaat yang banyak. 

Tapi jika anda tahu bahwa daun dari pohon buah tin, juga memiliki manfaat yang menakjubkan juga.

manfaat daun tin

8 Manfaat Daun Tin untuk Kesehatan

Pohon tin (ficus carica) termasuk dalam famili moraceae. daun tin juga dikenal sebagai fiq leaf memeiliki manfaat yang mengesankan.

Pohon tin bukan hanya melahir kan buah sejuta manfaat, tapi pohon ini juga menghasilkan daun yang memiliki manfaat yang mengesankan. Daun tin mengandung karbohidrat, flavonoid, glikosida, protein dan amino, dan kandungan yang bermanfaat lainya. berikut rincian manfaat dari daun pohon tin yang menakjubkan.

1# Mengobati batu ginjal

Daun buah tin memiliki kandungan saponin dan alkaloid, yang memiliki manfaat untuk diretik cukup ampuh mengatasi masalah batu ginjal. Menurut dr. Sidi Aritjahja salah satu dokter dan juga herbalis dari Yogyakarta, menyebutkan bahwa daun tin memilki kandungan saponin dan alkaloid ini.

Jika diteliti lagi, kandungan saponin dan alkaloid, dapat menggerus batu ginjal yang mengendap di saluran kemih dan ginjal. Batu ginjal yang pada awalnya mengeras dengan kandungan ini akhirnya hancur akan terbawa saat buah air kecil.

2# Baik untuk penderita diabetes.

Daun dari pohon tin ini dipercaya dapat menurunkan gula darah. Sudah ada penelitian yang mencoba manfaat daun buah tin dalam menurunkan gula darah.


Gula darah yang terlalu tinggi menyebabkan penyakit diabetes. Hasil ekstrak dari daun tin cukup terkenal untuk mengurangi gula darah dalam tubuh, dan dinilai dapat menurunkan ketergandungan terhadap suntikan insulin dengan dosis tinggi, dan memperlambat produksi glukosa dihati. Cukup konsumsi ekstrak dari daun tin setelah makan.

Tapi perlu anda tahu, bahwa riset ini tidak dalukan dalam skala besar> Masih dibutuhkan riset besar besaran untuk memastikan khasiat daun tin untuk penurunan gula darah.

3# Meningkatkan sistem imun.

Sistem kekebalan tubuh atau disebut sistem imun, sangat berpengaruh dalam kesehatan manusia. Daun tin dipercaya dapat mengatur sistem kekebalan tubuh, salah satu doter di serang, banten dr. sukarno Hendro juga mengatakan bahwa khasiat dari daun tin ini memiliki fungsi sebagai imunomodulator yang berfungsi mengatur sistem imun tubuh.

4# Menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Begitu banyak manfaat dari daun pohon tin ini, salah satunya daun pohon tin dipercaya dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Atau biasanya disebut dengan Trigliserida  atau lemak yang tesimpan dalam tubuh manusia, yang pada umumnya digunakan sebagai cadangan energi.

jika kadar lemak terlalu tinggi maka akan menyebabkan terkena obesitas, stroke dan penyakit jantung lainya.

5# Dapat meredakan nyeri.

dr. Sidi Aritjahja seorang dokter dan juga herbalis di Yogyakarta mengatakn bahwa daun dari pohon buah tin mengandung flovonoid yaitu quercetin dan luteolin. keduanya memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat mengurangi rasa nyeri.

6# Memelihara dan Memperbaiki fungsi hati.

ekstrak dari daun pohon tin berpotensi untuk melindungi hati dari kerusakan.

Salah satu suku di india memiliki tradisi untuk mengunyah daun pohon tind untuk mengobati pasian yang terkena hepatitis. Dari situlah ada salah satu dokter yaitu Gond NY, dan Khadabadi SS tertarik untuk meneliti secara mendalam kandungan dari dauh pohon tin ini.

Kedua peniliti memberikan rifampisin dalam dosis tingg kepada tikus, tujuanya agar hati si tikus menjadi rusak.

Setlah menunggu beberapa hari hati tikus tersebut benar benar rusak, maka kedua peneliti ini terus menerus memberikan ekstrak dari pohon tin ke sitikus secara berkala selama 100 hari. Ternyata dalam waktu tesebut membuat penurunan terhadap kadar bilirubin, kadar SGPT dan kadar SGOT secara signifikan. bisi dibilan bahwa ekstrak dari pohon tin dapat memperbaiki fungsi hati menjadi normal kembali.

7# Sebagai anti kanker.

Jika dari atas penulis membahas kandungan hasil dari ekstrak daun pohon tin. tapi untuk saat ini fungsi dari getah daun tin.

Ternyata peneliti dari iran telah membuktikan bahwa getah dari daun pohon tin ini mengandung ficin. Ficin adalah enzim cystein proteinase yang dapat memicu apoptosis pada sel kanker sehingg sel kanker akan melakukan penghancuran diri.

8# Mencegah TBC

Ekstrak dari dauh pohon tin dipercaya dapat membasmi Mycobacterium tuberculosis bakteri penyebab TBC. Untuk penelitian ini masih perlu diperluas kembali.

Setelah kita bahas dari awal pasti anda tertarik dengan daun pohon tin ini, karna memiliki banyak sekali manfaat yang tidak terduga.

Anda Wajib Ketahui!

Tapi perlu diketahui bahwa manfaat diatas dapat diperoleh jika daun sudah diekstrak, bukan langsung mengkonsumsinya. Perlu tekhnik untuk melakukan ekstrak daun tin.

Tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi langsung daun buah tin, harus konsultasi ke ahlinya.

Untuk kalian yang tertarik dan mencari suplemen yang mengandung ektrak daun pohon tin, maka anda mengecek keaslianya dan obat tersebut sudah terdaftar di BPOM (badan pengawas obat dan makanan).

perlu anda ketahui dibalik begitu banyak manfaat yang diberikan oleh daun pohon tin ini, ada resiko yang harus diperhatikan dan dihindari. ada salah satu penelitian menguji kepada hewan, ekstrak methanol da triterpenoid dari daun pohon tin. Memiliki sifat iritasi yang artinya untuk beberapa orang ekstrak ini menimbulkan iritasi.

Resiko alergi juga tidak terhindari. setelah mengkonsumsi suplemen atau ekstrak daun tin muncul gejala alergi seperti gatal gatal atau sampai sesak, segeralah periksa ke dokter.

Sekian dari penulis, semoga bermanfaat dan jaga kesehatan jangan  lupa bahagia.