Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Mangga Alpukat, lebih Legit dan Murah

Mangga alpukat adalah salah satu varietas mangga yang baru dan unik. Pada tahun 2017 mangga alpukat sempat populer, karna cara makan buah ini tidak sama dengan buah mangga pada umumnya. Cukup dengan membelah bagian tengah hingga melingkar dan tinggal tarik, tidak jauh beda dengan membelah buah alpukat. Namun cara tersbebut hanya bisa dilakukan pada mangga yang sudah matang dan tidak bisa dilakukan pada saat mangga sendang mentah.

gambar mangga alpukat

Mengenal Mangga Alpukat Lebih Mendalam. 

Asal mula nama mangga alpukat ini terinspirasi dari cara mengupas dan memakan buah alpukat. Dengan cara belah melingkar dan terus menariknya.

Setelah terbelah mangga ini siap untuk anda makan dengan sendok, seperti anda memakan buah alpukat.

Pada aslinya buah mangga alpukat adalah mangga gadung arum manis dengan klon 143 dan 21, tapi kebanyakan orang memakanya seperti  mengupas dan memakan buah alpukat, maka buah mangga ini dinamakan buah mangga alpukat.

gambar mangga alpukat

Mangga satu ini memiliki nama latin Mangifera indica. Asal daerah dari buah mangga ini adalah Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Bibit diperoleh dari hasil Okulasi. Tempat tumbuh mangga alpukat secara optimal pada datarang rendah kira kita 500 mdpl. 

Cita rasa dari buah mangga alpukat ini sangatlah unik dan khas. Dengan rasa manis dan aromanya yang khas, membuat mata langsung mencariinya jika mencium baunya. Warna kuning ketika belum matang, tapi ketika mangga alpukat sudah matang maka warnanya berubah menjadi orange cerah. Daging dari mangga ini lembut sekali seakan akan tanpa serat jadi anda tidak perlu kawatir terselit disela sela gigi setelah memakan buah ini, jangan lupa dengan tebalnya daging buah mangga ini membuat anda semakin puas untuk menyantapnya.

Keistimewaan buah mangga alpukat

Setelah sempat viral pada tahun 2017 buah mangga alpukat banyak diburu. Ternyata eh ternyata mangga alpukat memiliki kenggulan yang harus kalian ketahui:

1. Asal usul

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa buah mangga alpukat bukan hasil perkawinan antara mangga dengan alpukat, akan tetapi mangga alpukat adalah jenis dari mangga gadung arum manis dengan klon 143 dan 21.

2. Perbedaan Mangga Alpukat dan Mangga Harum Manis

Jika kita lihat mangga alpukat hampir mirip dengan mangga arum manis, akan tetapi mangga alpukat memilki rasa yang lebih manis dari pada buah mangga harum manis. Dan memiliki ukuran yang berbeda, buah alpukat lebih besar dengan pangkal buahnya yang lebih bulat dibantingkan dengan harum manis. Yang paling penting mangga alpukat mempunyai kadar pati yang lebih tingg dibandingkan dengan arummanis sehingga rasanya berbeda.
gambar mangga alpukat

3. Daging Lebih Tebal.

Dengan ukuran mangga yang cukup mungil, tapi kalian tidak akan kecewa jika memakanya. Karna daging dari buah mangga tersebut sangatlah tebal dibanding dengan buah mangga pada jenis yang lain. Jadi kalian akan puas setelah menyantap buah mangga ini.

4. Tekstur Lebih padat

Ketika sudah matang, warna dari buah mangga alpukat akan berubah menjadi orange cerah. Bagian kulit dari buah mangga alpukat agak sedikit keras jika dibandingkan dnegan mangga yang lain, akan tetapi dibalik kulit yang agak tebal terkandung daging yang tebal dan padat. 
Sehingga buah mangga ini dapat dikupas layaknya buah alpukat, karna tingkat kepadatan lebih tinggi dari pada mangga yang lain.

5. Serat Lebih Sedikit.

Seperti yang diatas, bahwa mangga alpukat memiliki serat yang sedikit. Tapi yang dimaksud serat disini bukan serat kandungan makanan, akan tetapi serat yang biasanya terselit disela sela gigi jika memakan buah mangga, jika anda sering memakan mangga pasti anda tahu.

Daging dari buah mangga alpulat padat dan sedikit serat jadi sangat mudah untuk memakanya. Meskipun anda mekanya dengan sendok tidak akan kesulitan dan belepotan.

6. Kadar Air Lebih Rendah.

Buah mangga adalah salah satu dari sekian buah yang memiliki kadar air yang cukup tinggi yaitu 86 sampai 90 %. Namun untuk mangga alpukat lebih rendah dari pada mangga pada umunya, Cuma sekitar 75 hingga 77%.

7. Kadar Pati Yang Lebih Tinggi.

Untuk kalian dalam program diet disarankan tidak memakan buah mangga alpukat ini, akan tetapi untuk kalian yang dalam program penggemukan, kalian diajurkan untuk memakan mangga ini. Karna mangga alpukat memilki kadar pati yang lebih tinggi dari pada mangga pada umunya, yakni sekitar 10,27 %. Zat pati terkandung dalam mangga akan diubah menjadi gula dan dapat menaikan berat badan.

gambar mangga alpukat

8. Pohon yang Pendek.

Pada umumnya pohon mangga memiliki pohon yang tinggi, akan tetapi mangga alpukat adalah salah satu mangga yang memiliki pohon yang pendek, jadi sangat cocok untuk menjadi buah hias untuk wisatawan. Jadi wisatawan tidak perlu menjat untuk memakanya, cukup memtiknya dipohon.

9. Cara makan.

Seperti penjelasan diatas, bahwa buah mangga alpukat memiliki cara makan yang unik. Dengan menggunakan sendok layaknya memakan buah alpukat. Dengan daging yang tebal dan padat membuat semakin mudaht untuk memakan dengan sendok dan lebih puas.

Keyword: 
mangga alpukat, harga mangga alpukat, mangga alpukat harga, alpukat mangga, pohon mangga alpukat, harga mangga alpukat per kilo, gambar mangga alpukat, mangga alpukat adalah, buah mangga alpukat, mangga klonal 21, mangga alpukat klonal 21, harga mangga alpukat 1 kg, harga mangga alpukat per kg, asal mangga alpukat, foto mangga alpukat, perbedaan mangga alpukat dan harum manis, rasa mangga alpukat, harga mangga klonal 21