Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Solusi Tidak Dapat Login Ada Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google

Tanpa kita sadari kita sebagai pengguna ponsel android tidak bisa lepas dari fitur-fitur google yang di sediakan, salah satunya akun google ini.

Pengguna android hingga pengguna internet seakan-akan diwajibkan untuk memiliki akun google, karena untuk bisa mengakses semua fitur google yang sangat kita butuhkan harus memiliki akun tersebut.

Tidak Dapat Login Ada Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google

Jadi tidak kaget jika ada masalah pada akun google langsung mencari solusi, agar data-data yang dibuat tidak hilang atau memiliki keperluan untuk pekerjaan bisa di pakai lagi kembali.

Masalah baru baru ini muncul adalah "Ada masalah saat berkomuniksi  dengan server google" pesan tersebut tiba-tiba muncul ketika ingin menambahkan akun google baru di ponsel.

Banyak penyebab dari error ini diantaranya:

  • Cache ponsel bermasalah: cache atau file sisa penggunaan sebuah aplikasi yang membuat ponsel semakin cepat untuk mengakses aplikasi tersebut. Kadang file ini terdapat kerusakan yang mengakibatkan error pada aplikasi, cara mengatasinya cukup menghapus file cache pada aplikasi.
  • Host file error: File host merupakan sebuah file yang berada di sistem ponsel, yang terdapat informasi mengenai konfigurasi ponsel. Begitu penting file host untuk sebuah ponsel, jika ada kerusakan pada file tersebut dapat mengakibatkan aplikasi error, bisa jadi file host menjadi penyebab error dari penambahan akun Google ini.
  • Autentikasi dua faktor: Auntentikasi dua faktor merupakan fitur keamanan akun google yang memiliki tingkat keamaan cukup ketat, fitur ini meminta sebuah kode untuk perangkat lain yang ingin menambahkan akun tersebut. Fitur ini juga memiliki masalah seperti "Terjadi masalah saat berkomuniksi  dengan server google" ketika konseksi internet jelek.

Cara mengatasi error ada masalah saat berkomunikasi dengan server google

Tidak Dapat Login Ada Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google
Restart Ponsel

1# Muat ulang atau Restart ponsel

Pertolongan pertama untuk segala error didalam ponsel adalah restart, cukup banyak kasus error dalam ponsel bisa teratasi dengan hanya restart ponsel, terlihat sepele tapi sudah teruji.

Sistem dalam ponsel kadang mengalami kebingungan sehingga sistem menjadi kacau, dengan restart ponsel maka ponsel akan memulai dari awal untuk menjalankan semua aplikasi.

2# Nonaktifkan autentikasi 2 faktor

Seperti yang telah penulis jelaskan diatas, salah satu penyebab masalah error ini adalah autentikasi 2 faktor. Anda hanya perlu menonaktifkan fitur ini agar error tidak muncul lagi, setelah menonaktifkan anda bisa aktifkan lagi jika dirasa fitur ini cukup penting bagi kalian. Untuk cara menonaktirkan fitur autentikasi 2 faktor seperti berikut:

  1. Buka aplikasi browser (diutamakan chrome)
  2. Klik profil yang ada di pojok kanan atas
  3. Pilih kelola akun Google
  4. Lalu cari menu keamanan
  5. Pilih Verifikasi 2 langkah lalu nonaktifkan
  6. Terus keluar dan tutup semua aplikasi yang masih berjalan di latar belakang
  7. Dan silahkan coba untuk menambahkan akun Google lagi
Tidak Dapat Login Ada Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google
Remove Account

3# Log Out semua akun google yang ada

Cara mengatasi "Ada masalah saat berkomuniksi dengan server google"selanjutnya adalah dengan log out atau hapus akun google yang ada, untuk caranya seperti berikut ini:

  1. Pergi ke menu pengaturan
  2. Selanjutnya pilih akun google yang ingin di hapus, lalu klik
  3. Klik pada menu opsi atau titik tiga diatas pojok kanan atas
  4. Lalu pilih Hapus akun atau Remove Account

4# Hapus cache aplikasi google account manager

Sebenarnya cara ini harus dilakukan setelah kalian mematikan autentikasi 2 faktor, yang berfungsi menghapus pengaturan terdahulu didalam ponsel, untuk cara menghapus cache aplikasi Google Account Manager seperti berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Cari menu aplikasi atau Apps
  • Selanjutnya cari aplikasi Google Account Manager, jika tidak menemukan aplikasi tersebut bisa cari aplikasi google sesamanya seperti Google Play Service.
  • Setelah menemukan aplikasi silahakan masuk dan klik Clear Cache da Clear Data.

Jika aplikasi Google Play Store, Google Play Services, dan Google Services Framework, ada semua silahkan lakukan cara tersebut di aplikasi tersebut.

Tidak Dapat Login Ada Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google
Ganti setelan tanggal menjadi otomatis

5# Ganti setelan tanggal menjadi otomatis

Untuk mengatasi masalah "Ada masalah saat berkomuniksi  dengan server google" yaitu dengan mengganti setelan tanggal menjadi otomatis, terlihat sepele tapi cukup ampuh mengatasinya, untuk caranya sepeti berikut: 

  • Buka pengaturan
  • Pilih tanggal waktu
  • Pilih Tanggal dan waktu otomatis / zona otomatis

Bebrapa ponsel memiliki letak yang berbeda, tapi secara garis besar seperti itu, jadi kalian bisa mencocokanya.

Tidak Dapat Login Ada Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google
Google Play Services

6# Install Ulang Aplikasi Google Play Services

Solusi selanjutnya adalah dengan menginstal ulang aplikasi google play services, aplikasi ini kadang mengalami corrupt sehingga memberikan pesan error ketika menambah akun, untuk caranya seperti berikut:

  1. Buka pengaturan > Keamanan > Aktikan Unknowes Sources.
  2. Buka browser dan cari situs apkpure lalau cari aplikasi Google Play Services
  3. Unduh aplikasi tersebut lalu instal. (situs akan menyesuaikan versi aplikasi yang cocok untuk ponsel)

7# Hard reset ponsel

Solusi yang paling akhir dengan merupah ponsel ke pengaturan pabrik atau melakukan hard reset dengan menghapus semua data didalam ponsel, sehingga ponsel memulai seperti baru kembali.

Cara ini memang cukup kasar namun dari pada kalian bawa ke tukang service lebih baik untuk melakukan cara ini sebagai perlawanan terakhir.

Pesan untuk kalian yang ini melakukan hapus data atau hard reset, jangan lupa untuk melakukan backup semua data seperti nomor, foto, video terutama chat whatsaap yang penting.


Mungkin hanya ini yang bisa penulis sampaikan untuk mengatasi "Ada masalah saat berkomuniksi  dengan server google" semoga berhasil dan terimakasih