Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Elemen - Elemen Desain Grafis Yang Paling Penting.

Elemen Desain Grafis - Nah jika suatu benda bisa terbentuk itu karna suatu benda itu memiliki Elemen yang membuat suatu itu menjadi kokoh dan apik. Sama halnya dengan desain grafis juga memiliki elemen elemen yang wajib kalian ketahui. Nah di sini kita akan menjelaskan Elemen elemen terpenting di Dunia Desain.
Elemen elemen ini bertujuan menunjang terciptanya sebuah karya yang bukan hanya sekedar menarik secara estetika tapi juga bisa menyampaikan pesan dan informasi lebih efektif kepada audiens.Nah di bawah ini kami akan memberikan ulasan tentang Elemen elemen yang penting di desain grafis.

1. Garis (Line).
Sebuah garis adalah suatu bidang yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang yang berbeda sehingga bisa berbentuk gambar garis seperti lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis membantu membuat keteraturan, mengarahkan pandangan dan memberikan kesan bergerak.
Dengan kemampuan yang baik, penggunaan garis dalam desain dapat meningkatkan keterbacaan, bentuk dan pesan yang di sampaikan pada sebuah desain. Dibawah ini adalah contoh gambar jenis jenis garis dan karakter yang ada di dalamnya.
Elemen desain grafis
Unsur garis dan kesan fisik (sumber hikmah78)

2. Bentuk (Shape).
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar, mempunyai permukaan sehingga bisa membentuk sebuah bidang. Bentuk merupakan sebuah obyek 2 (dua) dimensi. Dan Bentuk Berdasarkan sifatnya, dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:

  • Huruf: yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
  • Simbol: ,bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, seperti gambar sesuatu benda, atau mahluk hidup.
  • Bentuk nyata (form).  :mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.
4. Ruang (Space).
Ruang adalah jarak antara satu objek satu dengan objek lainya. Ruang yang berlebihan juga menentukan bagus tidaknya karya orang tersebut. Karna dengan kita mengetahui tentang ruang maka kalian akan bisa membedakan mana judul dan pemanis.
Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) atau lebih lengkapnya ruang di bagian objeknya dan latar belakang (background) Atau pengaturan ruang di daerah background.

5. Ukuran (Size).
Nah tekstur adalah ukuran suatu objek dalam desain grafis, iyalah jika kalian mengatur tentang objek mana yang mau di besarkan dan objek mana yang mau di kecilkan. Dan dengan menambah sedikit penekanan dalam  objek yang terlebih dahulu di baca.
Jadi seorang desainer pasti harus tahu tentang objek mana yang harus di besarkan dan mana yang kecikan. agar hasil yang di tampilakn bagus dan tepat sasaran.

3. Tekstur (Texture).
Tampilan suatu objek atau permukaan (corak) atau bahasa gaulnya Tekstur. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet.
Nah keindahan suatu benda dan suatu objek, bukan hanya di lihat dari warna dan bentuk tapi juga harus di lihat dalam elemen Tekstur.

6. Warna (Color).
Warna adalah elemen yang terpenting dalam desain, dengan warna kita bisa menyampaikan pesan dalam karya kita meskipun sedikit orang yang tahu. Dan kadang ada juga menggunakan warna seseorang bisa menyampaikan sebuah identitas. Karna warna memiliki daya tarik paling menonjol dalam karya desain. Dan warna lebih mempunyai daya tarik pada emosi , dari pada akal.
Indera kita yang pertama merasakan atau melihat adalah warna jadi pertama yang membuat tertarik sebuah desain adalah warna. Jadi karna itu warna adalah media komunikasi simbolik dan yang terpenting.
Secara umum warna dibagi ke dalam dua section yitu:

  • Warna yang timbul karena sinar (RGB)
Elemen desain grafis
RGB

  • Warna yang dibuat dalam unsur tinta atau cat (CMYK).
Nah mungkin hanya demikian ulasan tentang Elemen desain grafis nah jika ada kritik dan saran bisa di tulis di kolom komentar.