Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalian Tahu Flat Desain? Flat Desain Grafis ? Baca ini dulu

What is Flat Design?

Pengertian Flat Desain

Flat Design adalah Sebuah karya desain yang meminimalis kan kegunaan yang menghilangkan affect tiga dimensi seperti Efek: seperti bayangan, bevels, embossing dan gradien.

Meskipun flat desain memiliki konsep yang sederhana tapi juga cukup komplek. Dan banyak dari interface pengguna mobile device serta desain web flat desain sebagai konsep karya mereka, dan sampai populer konsep ini di kalangan mereka.

Untuk dunia desain, flat desain adalah suatu kemunduran ke masa lalu kembali, karna efek efek realistik yang membuat desain semakin nyata itu di hilangkan. Tapi kenyataanya beda desain seperti ini lah yang lagi populer di alam ini.

Nah Microsoft mengklaim bahwa mereka adalah yang pertama menerapkan gaya flat desain ini untuk tampilan interface-nya. yang sudah di terapkan pada windows 8. Seperti tampilan dari windows 8 di bawah ini:

flat desain

Warna adalah senjaata utama dalam flat desain, karna dengan memilih warna yang cocok denga tema akan membuat hasil desain kalian semakin indah dan cantik.

Bukan hanya warna saja tapi typografi juga menjadi faktor penting juga di flat desain tapi tetap harus mengutamakan minimalis dan juga fungsional.

Jika kita amati desain ini sama seperti Swiss / International Style Design (1940 - 1960) yang sama sama memetingkan kesederhanaan, Dibawah ini adalah ciri ciri Swiss / International Style Design :

  • Memanfaatkan ruang negatif
  • Bersih dan sederhana
  • Lebih sering menggunakan font Sans Serif
  • Layout asimetris
Contoh desain Swiss / international style Design:




Apasih Kenggulan Flat Desain?

Utamakan Fungsi .
Dalam Flat desain lebih mengutamakan fungsi dari pada lain. elemen hias adalah suatu penggangu bagi desain seperti ini. Jadi desain yang seperti ini biasanya terlihat lebih simple. Dan desain seperti lebih dominan menggunakan warna yang cerah.

Dengan warna yang cerah membuat desain seperti ini lebih mengutamakan fungsi dari pada yang lain dengan Memajukan object dari pada background.

Cepat di pahami
Dengan mendesain yang simple bukan membuat tambah bosan. Tapi dengan membuang pengganggu (hiasan) Yang lebih mengutamakan tujuan dari pada yang lain. Meskipun kembali ke desain lama, tapi kenggulanya sangat banyak, kenapa tidak?

sumber Freepik.com

Kesimpulan.

Jadi flat desain adalah desain yang meminimalis dengan membuah sesuat yang tidak terlalu penting (hiasan). Meskipun desain ini seperti desain yang sudah lama mati tapi bangkit lagi, ya seperti zombe gitu hehehe. luwangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar dan shar artikel ini jika menurut kalian bermanfaat.