Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Kesemek Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Jantung Kita

Manfaat Buah Kesemek - Buah kesemek mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena banyak dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Buah yang memiliki nama lain persimmon ini rasanya manis segar dengan kandungan banyak air di dalamnya.

Khasiat Buah Kesemek - Buah yang memiliki nama lain Japanese Persimmon ini berasal dari China. Buah kesemek banyak terjual di pasaran dengan harga relatif murah. Bentuk buah kesemek bulat seperti tomat dengan tekstur daging buah yang padat, renyah dan lembut, hampir mirip seperti apel.

Buah kesemek sering dijuluki sebagai buah genit. Alasannya karena, terdapat bedak dalam kulit buah kesemek. Darimana asalanya serbuk putih mirip bedak yang melumuri kulitnya ini? Sebenarnya, jenis buah kesemek itu ada 2 macam yaitu, buah kesemek yang sepat dan tidak sepat. Sementara di Indonesia, kebanyakan yang didapati oleh para petani buah adalah kesemek yang sepat.

Manfaat Buah Kesemek

7 Manfaat Buah Kesemek Bagi Tubuh Yang Jarang Orang Ketahui

1. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ penting yang berfungsi untuk melihat. Kesehatan mata perlu dijaga dengan rajin mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah, termasuk kesemek.
Mengonsumsi kesemek secara rutin dapat memelihara kesehatan mata lantaran adanya kandungan vitamin A cukup tinggi. Buah ini dapat mencegah berbagai gangguan mata seperti kerusakan retina dan katarak.

2. Mencegah penuaan dini

Kesemek juga kaya akan vitamin A, beta-karoten, lutein, lycopene, dan cryptoxanthin, yang semuanya berfungsi sebagai antioksidan. Seperti diketahui, zat antioksidan berkhasiat memerangi radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, termasuk mencegah kanker. Karena kesemek memiliki kandungan astringent kuat, beberapa produsen kosmetik di Jepang menjadikan ekstrak kesemek sebagai bahan utama produk masker. 

3. Dapat Mencegah Kanker

Manfaat buah kesemek berbedak selanjutnya adalah berguna menjadi anti kanker yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas.
Vitamin yang terkandung dalam kesemek yaitu A dan C dengan kadar cukup tinggi, didukung senyawa fenolik yang berguna untuk mencegah banyak jenis kanker.

4. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi buah kesemek bermanfaat untuk menurunkan berat bada karena kaya akan serat.
Jadi, kamu akan kenyang lebih lama, dan mengurangi keinginanmu untuk makan makanan manis.

Manfaat Buah Kesemek
Pohon Kesemek


5. Mengurangi Peradangan

Membantu mengurangi peradangan adalah salah satu dari banyaknya manfaat buah kesemek. Walaupun peradangan merupakan respon imun yang normal, akan tetapi jika terjadi peradangan yang kronis akan menyebabkan terjadinya kanker bahkan jantung koroner. Nah buah kesemek ini mengandung tanin (asam tanat), sehingga terbukti dapat membantu meredakan peradangan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kombinasi nutrisi dalam kesemek sangat membantu dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Buah ini mengandung antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol.
Lebih dari 98.000 orang yang makan makanan tinggi flavonoid, berisiko 18% lebih rendah untuk mengalami kematian akibat masalah jantung.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah kesemek memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu sekitar 7,5 mg. Apabila buah ini dikosumsi secara teratur atau terus-menerus, maka akan sangat bermanfaat dalam membantu menjaga daya tahan tubuh. Kesemek berperan sebagai salah satu perisai untuk penyakit asma, infeksi paru-paru, dan flu.

Refrensi:
Hellosehat.com
8villages.com
doktersehat.com
pertanianku.com