Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Remehkan! Ternyata Ini Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Buah Jambu Air - Suka makan jambu? Selain jambu biji, jambu air juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jambu air adalah sumber vitamin C dan A, serat, kalsium, tiamin, niasin dan zat besi. Buah yang terbilang gampang ditemukan di banyak tempat di Indonesia. Sesuai namanya, kandungan air dalam buah ini sangat banyak. Biasanya dijadikan salah satu isi rujak buah lantaran memberikan kesegaran.

Khasiat Jambu Air Bagi Kesehatan - Jambu air adalah nama sejenis tanaman yang masuk ke dalam keluarga jambu-jambuan (Myrtaceae). Jambu air yang memiliki nama ilmiah Syzygium aqueum merupakan tanaman endemik Asia Tenggara. Baik buah jambu air maupun daun jambu air, keduanya sama-sama dipercaya memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Meskipun Buah jambu air terlihat begitu simple, akan tetapi buah jambu air ini juga bisa dijadikan camilan sehat karena di dalam buah jambu air ternyata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak. Penasaran ya apa saja sich manfaat dan khasiat buah jambu air yang katanya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia?. Pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan beberapa kegunaan dari buah jambu air ini untuk kesehatan Anda.

Manfaat Buah Jambu Air Bagi Kesehatan

7 Manfaat dan Khasiat Buah Jambu Air Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Memiliki berat badan ideal adalah idaman bagi banyak orang. Anda bisa mewujudkannya dengan mengonsumsi buah jambu air sebagai menu diet sehari-hari.

Jambu air mengandung serat dan mineral cukup tinggi. Kedua kandungan ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu mendorong sisa makanan supaya tidak tertimbun terlalu lama di dalam tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Serat selain bikin kenyang ialah membantu melancarkan pencernaan. Itu yang akan kamu dapatkan dari jambu air, serat pada jambu air membantu melancarkan pencernaan kamu seperti dari diare, sembelit dan masalah pencernaan yang lainnya.

3. Mencegah Resiko Kolesterol

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah jambu air dikatakan bisa bantu seseorang menjauhkan diri dari risiko kolesterol. Jambu air yang rendah lemak dipercaya sebagai salah satu buah yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkannya dari segala macam penyakit terutama penyakit kolesterol.

4. Membantu mendinginkan tubuh saat cuaca panas

Tingginya kadar air yang ditemukan dalam jambu air sangat membantu dalam mendinginkan tubuh Anda selama cuaca panas atau saat seseorang demam. Buah ini juga dapat membantu mencegah stroke dan dehidrasi yang disebabkan karena suhu tubuh yang tinggi.

Bukan hanya itu saja buah asli indonesia ini juga terkenal sampai didunia loh selengkapnya bisa lihat di Buah Asli Indonesia Yang Mendunia, Jangan Kaget

5. Merawat Kesehatan Kulit

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bila jambu air juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dengan kandungan antioksidan yang efektif untuk menangkal serangan radikal bebas.

Radikal bebas adalah penyebab utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh, termasuk salah satunya adalah sel kulit. Jika kulit mengalami kerusakan, akan timbul masalah kulit seperti keropeng, berjerawat di wajah, dan tanda-tanda penuaan dini. 

6. Merawat Kesehatan Mata

Merawat kesehatan mata tak luput dari daftar manfaat jambu air yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsi buah ini secara rutin.

Vitamin A kembali memainkan peran penting terkait manfaat buah jambu air yang satu ini. Kita semua tentu sudah tak asing lagi dengan vitamin A sebagai vitamin untuk mata. Kekurangan vitamin A akan meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami berbagai gangguan kesehatan mata seperti nyctalopia dan degenerasi makula akibat pertambahan usia

7. Meningkatkan sistem imun tubuh

Senyawa gizi dalam buah jambu air adalah kumpulan senyawa yang membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan atau imun. Manfaat jambu air ini akan memberikan Anda kemampuan untuk menangkal berbagai macam penyakit, terutama yang menular seperti flu dan batuk.

Itulah manfaat-manfaat yang akan kamu dapat dari mengonsumsi jambu air. Buah yang dianggap biasa saja namun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.